Tentang Kami.....

Kami membuat blog ini guna memenuhi tugas akhir mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi

Semoga Bermanfaat...

Kritik & Saran dari Anda kami tunggu dan akan kami jadikan suatu pelajaran demi kesempurnaan blog ini...

Rabu, 08 Juni 2011

MAKALAH MICROSOFT EXCEL 2007












PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

MICROSOFT EXCELL

Disusun guna memenuhi tugas matakuliah

Pengantar Teknologi Informasi

PAPER

Disusun oleh :

1. Siti Fatimah (090210204020)

2. Veny Rosita Febriratna (100210204039)

3. Jattu Mega Mustika (100210204097)

4. Alfian Ikhlasul Amal (100210402123)

5. Ahmad Hidayatullah (100210402072)

PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR JURUSAN ILMU PENDIDIKAN

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS JEMBER

SEMESTER GENAP 2010/2011

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penyusunan paper Pengantar Teknologi Informasi dapat diselesaikan dengan tepat waktu tanpa ada halangan yang berarti.

Sekarang ini kita sedang memasuki era reformasi. Setiap negara saling berlomba memajukan diri dalam bidang ini. Negara yang tertinggal dibidang Teknologi Informasi akan cenderung tertinggal dibidang – bidang yang lain. Oleh karena itu,negara kita juga harus mempelajari dan mengembangkan bidang ini. Upaya kami menyusun makalah ini demi mengembangkan potensi di bidang Teknologi Informasi.

Makalah disusun berdasarkan kebutuhan mahasiswa. Dengan demikian, materi yang dibahas dalam makalah ini sudah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam ilmu teknologi. Materi yang kami susun dalam paper ini adalah microsoft excell yang kami susun dengan sistematika yang baik dan jelas serta di tulis dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami. Dengan menggunakan paper ini maka seorang mahasiswa akan mudah dalam mempelajari microsoft excell serta dalam perhitungan.

Akhir kata, kami menyadari “tak ada gading yang tak retak” juga paper ini tidak lepas dari kekurangan. Oleh karena itu,kami mengharapkan kritik dan saran dari pengguna makalah ini terutama rekan - rekan sekalian demi tercapainya pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya di bidang microsoft excell. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan anda dalam memilih paper ini sebagai panduan pembelajaran Ilmu Teknologi Informasi.

Sekian terima kasih.

Jember,19 Maret 2011 Hormat kami

Penyusun

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.

Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai cara menggunakan Mikcrosoft Excel khususnya dalam dunia pendidikan.Karena fungsi Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan khusunya bagi para calon guru.Contoh bahwa Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan misalnya dalam mengentri data – data nilai siswa,merangking hasil belajar siswa,pembayaran SPP siswa,presensi kehadiran,dan lain – lain. Dengan alasan tersebut kami menyusun makalah Microsoft Excel ini demi menunjang bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel.Dengan demikian pembaca dapat menggunakan makalah ini sebagai tuntunan dalam mempelajari Teknologi Informasi khususnya dalam bidang Microsoft Excel.

1.2 TUJUAN

1. Mengetahui definisi dan fungsi Microsoft Excel

2. Mengetahui cara menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar

3. Dapat mengaplikasikan Microsoft Excel dalam bidang pendidikan

1.3 RUMUSAN MASALAH

1. Apa definisi dan fungsi Microsoft Excel?

2. Bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar?

3. Bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel dalam bidang pendidikan?

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Definisi dan Fungsi Microsoft Excel

Definisi Microsoft Excel

Microsoft excel adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode-metode pembuatan tabel dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data-data sekolah, hasil-hasil penelitian, maupun dalam pembuatan makalah pribadi.

Fungsi Microsoft Excel

1. Kalkulasi, dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks.

2. Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.

3. Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang bersamaan pula.

4. Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.

5. Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.

6. Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro.

2.2 Cara Menggunakan Microsoft Excel

A. Menu dan icon pada Microsoft Excel


Gambar 1. Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007

1. Judul

Menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.

2. Office Button

Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.

3. Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)

Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.

4. Toolbar

Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.

5. Help

Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms.Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.

6. Lembar Kerja (Workbook)

Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.

7. Cell

Cell Aktif Penggulung vertikal

8. Lembar aktif

9. Nama Range

10. Fungsi

11. Penggulung

12. Nomor Baris

13. Nomor Kolom

B. Membuat dokumen pengolah angka

Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell. Berikut adalah contoh penerapan Microsoft Excel dalam bidang keguruan :



Gambar 2. Pengisian Daftar Nilai Siswa

C. Penerapan Microsoft Excel

Microsoft Excel dapat

Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 2 adalah sebagai berikut:

1. Buat Judul dan Sub Judul Laporan

Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “DAFTAR NILAI SISWA” pada Cell aktif tersebut.

Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A1, A2, A3, dan M5 seperti pada tampilan diatas.

2. Penggunaan alignment, format font dan format Cell

Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell agar judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.




Gambar 3

Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline atau italic.

Selanjutnya data dapat dilengkapi seperti Gambar 2.

3. Penggunaan format Tabel dan Cell

Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi border, warna border, warna cell dan style font dengan kliktombol format table seperti ini , kemudia akan muncul pilihan style formattabel seperti berikut ini.

Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 2. menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara :



Gambar 4

Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol dan pilih All Border seperti pada tampilan dibawah ini.


Gambar 5


Untuk memberi warna pada judul tabel bisa menggunakan fasilitas format cell dengan cara blok cell A7 sampai M8 kemudian klik tombol kemudian akan muncul pilihan style cell yang akan kita pilih seperti pada tampilan dibawah ini.



Gambar 6

D. Macam-macam formula

1. =SUM(…)

Fungsinya : Untuk melakukan penjumlahan

Bentuk umum : =SUM(range sel)

Contoh : Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5 sampai sel H15

Penulisan : =SUM(H5:H15)

2. =COUNT(…)

Fungsinya : Untuk melakukan counter

Bentuk umum : =COUNT(range sel)

Contoh : Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai yang berada di sel B5 sampai sel B15

Penulisan : =COUNT(B5:B15)

3. =MAX(…)

Fungsinya : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)

Bentuk umum : =MAX(range sel)

Contoh : Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetan

sel yang berada di sel F1 sampai sel F17

Penulisan : =MAX(F1:F17)

4. =MIN(…)

Fungsinya : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)

Bentuk umum : =MIN(range sel)

Contoh : Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel F17

Penulisan : =MIN(F1:F17)

5. =AVERAGE(…)

Fungsinya : Untuk mencari nilai rata-rata

Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)

Contoh : Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari sel A11 sampai A17

Penulisan :=AVERAGE(A11:A17)

6. =ABS(…)

Fungsinya : Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar argumennya menjadi bilangan mutlak (absolut)

Bentuk umum : =ABS(range sel)

Contoh : Misalkan kita bermaksud mengetahui secara mutlak dari sel yang kita aktifkan, misal di sel F17

Penulisan : =ABS(F17)

7. =SQRT(…)

Fungsinya : Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan X tidak boleh negatif

Bentuk umum : =SQRT(range sel)

Penulisan : = SQRT(25)

8. =IF(…;…;…)

Fungsinya : Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar atau salah (memenuhi syarat atau tidak)

Bentuk umum : =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)

Contoh : Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang berada di sel F17, tentang kriteria siswa dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan sbb.Jika nilai rata-rata siswa lebih besar sama dengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan sebaliknya.

Penulisan : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)

artinya jika kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang dari 60, maka GAGAL

Keterangan :

Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false

9. =DATE(Year,Month,Date)

Fungsinya : Untuk menghitung jumlah hari

Contoh : =DATE(73,8,11) à 26887 hari

10. =VLOOKUP

Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal

Bentuk umum : =VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num; Range_lookup)

11. =HLOOKUP

Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal

Bentuk umum :=HLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num; Range_lookup)

12. =LEFT(…;…)

Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kiri

Bentuk umum :=LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)

Contoh : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf

Penulisan : =LEFT(F17;3) à hasilnya Feb

13. =RIGHT(…;…)

Fungsinya :Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kanan

Bentuk umum :=RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)

Contoh :Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf

Penulisan :=RIGHT(F17;3) à hasilnya ari

14. =MID(…;…;…)

Fungsinya : Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah karakter tertentu

Bentuk umum :=MID(teks;start_number; number_char)

Contoh : Misal kita akan mengambil karakter baru yang ada di sel F17 (Februari)

Penulisan : =MID(F17:3:3)

BAB III

PENUTUP

3.1 KESIMPULAN

Jadi kesimpulan dari penyusunan makalah ini mengupas tuntas tentang bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel sesuai dengan harapan. Dengan demikian sedikit banyak makalah ini dapat membantu dalam menjawab semua rumusan masalah yang ada dan semua pertanyaan – pertanyaan yang berhubungan dengan Microsoft Excel.

DAFTAR PUSTAKA

Diknas.Kurikulum 2004 Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Budi Permana.2000.Microsoft Excel 2000.Jakarta : Exel Media Komputindo.

Puji Nugroho.1995.Kumpulan Soal – soal Ujian Negara Lotus.Jakarta : Elex Media Komputindo.

Fauzi,A., Johar Arifin, dan M. Farikhudin.1999.Aplikasi Excel dalam Financial Terapan.Jakarta : Elex Media Komputindo.

44 komentar:

  1. kelompok 5
    1. Siti Fatimah (090210204022)
    2. Veny Rosita Febriratna (100210204039)
    3. Jattu Mega Mustika (100210204097)
    4. Alfian Ikhlasul Amal (100210402123)
    5. Ahmad Hidayatullah (100210402072)

    BalasHapus
  2. GAN Ane mw Minta Izin COPAS Bwt Tugas Adek guE,.,.,.

    BalasHapus
  3. mantap kali gan...ijin kopas ya

    BalasHapus
  4. minta ijin copas bwat tugas
    boleh ya

    BalasHapus
  5. ijin copas y buat tugas

    BalasHapus
  6. ijn ngoppy ea....????? boleh kan????

    BalasHapus
  7. 2010 ada ngak yah,,, aku lagi butuh nii,
    tugas yg udah mau di kumpul lusa gan...

    BalasHapus
  8. Salam Jumpa Temen...

    Wahhh Keren banget isinya . . .
    Lihat balikyah puya saya..OKe
    http://wisatamahasiswa.blogspot.com/

    TerimaKasih...

    BalasHapus
  9. Lengkap banget gila yang ini. Izin saya copas ya buat tugas makalah saya. makasih..

    BalasHapus
  10. saya juga mau copas ya buat tugas maklah saya
    makasih...

    BalasHapus
  11. izin copas yaa
    makasih..

    BalasHapus
  12. smoga bermanfaat..
    izin ngopast kawan :)

    BalasHapus
  13. Nice post brade pada... Keep move your work .
    Ijin sruput pade ? :D

    BalasHapus
  14. copas ya buat tugas hahaha

    BalasHapus
  15. ijin copas yahhh
    nanti saya cantumkan sumbernya, trima kasih..

    mayang annabelle

    BalasHapus
  16. mohon izin copas buat tugas sekolah...
    makasih...
    :)

    BalasHapus
  17. izin copass yaaa...
    tenchuu ,

    BalasHapus
  18. mantap... akhirnya kelar juga nih tugas .... heheh
    ijin sedooott.....

    BalasHapus
  19. ijin copas yah terimakasih

    BalasHapus
  20. gak ikutan copas,saya cukup baca aja,,,hehehe

    BalasHapus
  21. gan ijin copas y...
    makasi gan..

    BalasHapus
  22. ijin copas yaah gan, buat tugas .
    makasih

    BalasHapus
  23. Men ni gua kopas ya buat tugas jurnal gua

    BalasHapus
  24. wow bagus...
    boleh compas kn buat tugas di sekolh?

    BalasHapus
  25. saya izin copas ya !!! buat tugas makalah saya

    BalasHapus
  26. Ijin Copas gan..buat tugas saya

    BalasHapus
  27. izin copas gan buat makalah saya

    BalasHapus
  28. izin copas buat tugas kampus...

    BalasHapus
  29. izin copas mas.. :)
    terimakasih

    BalasHapus
  30. ijin copas yaa terima kasih :)

    BalasHapus
  31. ijin sedot gan , buat tugas

    BalasHapus
  32. sangat menarik makalah nya
    izin copas ya sis

    BalasHapus